Blinking Hello Kitty Angel Jurnal Bunga Matahari: cerita.

Senin, 29 Maret 2021

cerita.

Cukup dengan bercerita.

Iya, terkadang resah, sedih, gundah dan tumpukan perasaan burukmu itu bisa hilang dengan diceritakan semuanya.

Jika ditanya, 
kenapa kamu suka mendengarkan orang lain bercerita?

Ya karena, 
tidak lain tidak bukan,
karena aku juga suka didengarkan.

Bercerita yang terarah, tentunya.
Kalau hanya berlebihan bicara,
maaf, mendengarnya saja aku mudah lelah.

Jika benar-benar sudah muak memendam,
mungkin kamu bisa "bercerita" dengan dua cara.

Pertama, 
"bercerita" dengan terpaksa
kepada orang-orang yang memang menjadi tujuan.
suka atau tidak suka, mereka harus mendengarkan.
tidak perlu lagi memperindah nada atau intonasi.
kewarasanmu jauh lebih penting untuk saat ini. 

Kedua
Bercerita kepada orang-orang yang memang mau menerima.
Duduk di sampingmu, menatap matamu, sambil sesekali menanggapi.
Atau
Melalui aplikasi pesan singkat kamu ceritakan semua padanya.
Dibalas langsung atau nanti, bukan perkara.
Yang penting sudah cerita.
Memang lebih menyenangkan ketika mereka meresponmu segera. 

Karena itu aku tidak pernah meremehkan siapapun yang datang dan berkata, 
"aku mau cerita"

Dan aku sangat menghargai mereka yang berkata,
"sini, cerita" 
lalu mendengarkanku dengan saksama.
Orang-orang seperti itu, terlalu berharga.

Jadi, terima kasih, ya. Orang-orang baik yang sudah menyediakan waktunya untuk mendengarku bercerita.

Dan kamu yang butuh bercerita, 
Sini, mau cerita apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar