Blinking Hello Kitty Angel Jurnal Bunga Matahari: manusia.

Jumat, 30 April 2021

manusia.

Dulu aku merasa harus selalu terlihat baik di mata orang lain.
Harus selalu terlihat sempurna.
Harus selalu terlihat bisa.
Harus selalu terlihat tau. Bukan, bukan sok tau atau seakan tau segalanya, tapi aku malu untuk menunjukkan bahwa aku tidak bisa. Bahwa aku tidak tahu. 
Aku malu kalau terlihat bodoh.
Tidak bisa menyelesaikan sesuatu.
Butuh bantuan seseorang. Aku malu.

Tapi di satu titik, akhirnya aku menyadari.

Tidak apa-apa sesekali terlihat tidak baik-baik saja.
Aku boleh mengekspresikan jika aku lelah, aku kesal, aku kecewa, aku sedih. Asal tidak berlebihan.
Tidak apa-apa jika aku tidak tahu segalanya. Aku tidak serta merta menjadi bodoh atau memalukan jika aku tidak tau atau tidak bisa melakukan beberapa hal.
Wajar untuk mengatakan
"Aku nggak tahu"
"Aku belum bisa"
"Ini bagaimana caranya"
"Gimana melakukannya"
"Aku harus ngapain"
"Tolong tunjukkin caranya dulu"
"Ini gimana ya"

Sesederhana karena,
ya gapapa. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar