Blinking Hello Kitty Angel Jurnal Bunga Matahari: Orang-Orang Baik

Jumat, 24 Agustus 2018

Orang-Orang Baik

Ketika kamu merasa mulai lelah dan sebal dengan segelintir orang
Kamu, oleh dunia nyata rasanya abai
Sedangkan dunia maya terlalu ramai
Mulai bosan, semua seakan menyebalkan.

atau

Ketika kamu mulai merasa lelah melakukan hal yang 'itu-itu saja'.
Merasa tidak berguna,
berjalan di tempat sedangkan yang lain mulai melesat.
Merasa berada pada putaran yang sama
hingga kamu merasa apakah semua ada gunanya.

Terus menerus bertanya pada diri sendiri
Jalan mana sebaiknya yang dilewati
Meragu

Bahkan ketika tetap berada pada yang baik pun
Semangatmu tersisa setengah
Meski kau tau itu salah

Saat itulah kamu butuh mereka. Orang-orang yang kamu yakin menjadi salah satu pemberian-Nya yang terindah. Ia tau kamu tak selamanya kuat sendiri. Ia tau terkadang, sekuat-kuatnya kamu, suatu waktu bisa saja hampir tumbang. Oleh karenanya, mereka menjadi perantara agar kau tidak terlampau jauh terlepas. Ketika rasanya kamu mulai goyah, mereka akan berusaha menegakkanmu kembali. Menjadi penopang sementara kau memulihkan diri. Hingga ketika kau siap untuk kembali dan merekatkan tali-tali kebaikan yang berujung pada-Nya. 

Jadi, kalau kamu bertekad mau terus menerus pada jalan yang baik. Salah satu usahanya adalah mencari lingkungan yang di sana juga ada mereka, orang-orang yang baik. Kalau kamu merasa baik burukmu itu ditentukan dari dirimu sendiri, itu tidak salah. Namun, orang-orang di sekitarmu juga memberikan pengaruh, besar ataupun kecil. 

Pun ketika untukmu ibadah rasanya amat sulit untuk dikerjakan. Ketika hal-hal yang baik mulai kamu ragukan. Coba dekati mereka, orang-orang baik itu. Saat itulah kamu butuh mereka. Entah dari sikap yang luar biasa atau kata-kata sederhana akan sampai kepadamu 'pesan' dari-Nya. 

Dan saat ini, aku amat bersyukur atas keberadaan orang-orang baik itu di sekitarku. 

***

Kalau kamu masih belum 'ngeh' juga, hehe 
Intinya begini:

Manusia itu gak semuanya kuat untuk terus menerus berdiri sendiri dalam kebaikan. Contoh, meskipun kamu sangat amat rajin beribadah tapi ada saatnya juga kamu lelah. Nah, orang-orang baik di sekitarmu biasanya yang akan jadi penyemangatmu untuk kembali semangat dalam beribadah.
Pun ketika kamu lagi malas-malasnya, lagi 'down' atau apalah itu. Mereka juga yang terkadang menjadi 'perantara' dari Allah agar kamu kembali mendapatkan semangat. 

Contohnya lagi ketika kamu berpindah dari suatu lingkungan ke lingkungan lainnya. Memperluas jaringan pertemananmu, misalnya. Berteman dengan siapa saja itu bukan masalah. Tapi, sebisa mungkin kamu harus punya lingkungan orang-orang saleh dan baik yang akan menjadi penyeimbang lingkunganmu yang lain. Menjadi yang pertama kali mengingatkanmu ketika kamu hampir salah langkah. Mencegahmu tergelincir pada hal-hal yang buruk. Sangat disayangkan jika tadinya kamu adalah orang yang baik, tetapi karena 'orang-orang' baru, kamu mulai menjauh dari kebaikan-kebaikan yang awalnya kamu pegang dengan teguh bahkan menjadi prinsipmu. Apalagi kalau alasan 'malu'. Begitu. 


Semoga kita selalu dikelilingi oleh orang-orang baik itu, ya, dan Allah senantiasa merahmati mereka. Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar