Blinking Hello Kitty Angel Jurnal Bunga Matahari: little reminder.

Minggu, 30 Mei 2021

little reminder.

Ternyata sesuatu yang dianggap "kekurangan" itu bisa jadi bukan kekurangan.

Akhir-akhir ini rasanya (kembali) berantakan lagi. Semuanya.
Tidur gak teratur.
Makan gak dijaga.
Olahraga jarang. Banget.
Pikiran dipaksa terus buat mikir dari hal-hal penting sampai yang gak penting. 
Stres dipelihara.

Dan di'ingatkan' dengan munculnya jerawat-jerawat kecil di jidat yang udah lama gak muncul.

Yes, my skin is oily-acne prone.
Kalau orang bilang "Enak tau punya kulit berminyak. Jadi lembab terus. Biar gak gampang jerawatan, bersihin mukanya yang bener aja."

Um, no no no. 
Aku udah belajar kalau "cuci muka yang bener aja" itu gak cukup.
"Cuci muka yang bener aja" itu bakal sia-sia kalau,
kamu makannya tetep sembarangan. 
kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi gula, minyak, garam, sementara sayur sama buah dilupain.
kamu melihara monster namanya stres.
kamu gak pernah olahraga.
pola tidurmu berantakan yang akhirnya memicu stres juga. 

Dulu sebelum paham sama diri sendiri, sih, heboh dan stres banget tiap jerawat muncul.
Padahal yo stres malah menambah kemungkinan tambah banyak jerawatnya. Hadeh.

Kalau sekarang muncul jerawat,
malah ngajak ngobrol diri sendiri.
"Kamu kenapa?"
"Akhir-akhir ini tidurnya malam terus, ya."
"Kemarin-kemarin makan sayur dan buahnya jarang, malah kayaknya kebanyakan makan nasi, roti, tepung-tepungan, ya?"*
"Jangan stres dong, nanti kulitnya sakit lagi."
"Duh, olahraga lagi yuk. Tiap hari jalan kaki min. 15 menit lagi ya, pulang kerja."

Alhamdulillah.
Allah baik banget ngasih reminder kecil supaya manusia ini gak terus menerus gak sadar kalau pola hidupnya gak teratur.

Makasih ya, tubuh. 
Makasih ya, aku. 
Udah diingetin.
Gapapa, jerawatan mah gak dosa.
Bisa hilang juga.
Kita perbaiki pola hidup dari awal bareng-bareng lagi, ya. 

Love u, 
wkwkwkwk. 




*Aku tahu efek makanan akan berbeda beda di setiap orang.
Kalau berdasarkan 'pengamatan sederhana' ke diriku sendiri, aku menyadari kalau ternyata makanan tinggi gula, tepung-tepungan dan dairy product bikin aku lebih mudah muncul jerawat. 
Yap, makanya aku mengganti nasi jadi karbohidrat yang lain.
Aku gak makan produk olahan susu lagi.
Dan sangat sangat mengurangi makanan dari tepung. Tepung terigu sih, lebih tepatnya. 
Ada yang bilang kacang-kacangan bikin jerawatan. No, itu gak berlaku di aku. Kecuali kacangnya digoreng dengan minyak yang super duper banyak dan asin banget, kemungkinan iya. 

Jadi kalau kamu punya keluhan jerawat juga, bisa mulai perhatiin kira-kira apa pemicu munculnya jerawat kamu. Terus perlahan kurangi atau hilangkan sama sekali. Kalau aku, stres dan makanan. Dan itu bisa berbeda di kamu. Okey?

Selamat menyayangi diri sendiri ❤️

1 komentar:

  1. Tubuh yg sehat datang dari pikiran yg positif, makanan yang seimbang, pola tidur yang berimbang. Semangat afifah!

    BalasHapus